Desa Sambirejo Digitalisasi Desa

Candi Tertinggi Yogyakarta terletak di Desa Wisata Sambirejo 

1 November 2022


Siapa yang tidak mengenal desa wisata yang tak asing di telinga warga Indonesia bahkan turis-turis luar negeri yang silih berganti berdatangan. Desa yang terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini sangat tersohor dengan keindahan alam dan wisatanya. Keberadaannya tepat di angka 45mdpl dengan luas diperkirakan mencapai 14km².

Sejarah desa ini tidak terlepas dengan masa-masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pasalnya, sempat ada persengketaan masyarakat sekitar dengan penjajah. Menilik asal muasal namanya yang terdiri dari Sambi, yang artinya sambi, sembari, atau nyambi dalam bahasa jawa, serta kata rejo yang bermakna sukses. Bisa dibilang, Sambirejo adalah kerja sembari menuju sukses. Seperti yang tersorot dari keunggulan-keunggulan desa Sambirejo membuatnya memiliki keunikan tersendiri, termasuk sebagai tempat berdirinya candi tertinggi di Yogyakarta.

Keunggulan desa ini tentu sangat terlihat dari segi peninggalan bersejarah maupun purbakala seperti Candi Ijo, Candi Barong, Candi Nigiri, Candi Dawung, Sumur Bandung dan peninggalan lainnya. Meskipun keunggulan ini belum sepenuhnya mendukung perekonomian daerah Sambirejo, nyatanya banyak wisata-wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap tahun. Beberapa wisata yang ada di desa Sambirejo, antara lain:

1.      Wisata Taman Tebing Breksi, wisata yang menyuguhkan pemandangan Yogyakarta dari ketinggian 200meter di atas permukaan laut.

2.      Watu Tapak, salah satu wisata yang menyediakan tempat berkemah untu pelajar, keluarga, pasangan, maupun perkumpulan reuni dengan teman sekolah.

3.      Watu Langit Yogya Coffe adalah tempat makan atau ala resto yang ada di Mlakan, kelurahan Sambirejo, bertepatan di jalan Tebing Breksi sekitar 1km di atas Candi Ijo. Sehingga ketika menuju restoran ini, wisatawan melewati 2 wisata. Tempat ini buka setiap hari pukul 10.00-21.00, kecuali hari Senin. Menu berkisar 3000-30.000 bisa makan berat dengan sistem prasmanan, ngemil, maupun ngopi sembari mengobrol menikmati pemandangan.

4.      Candi ijo adalah candi tertinggi di Yogyakarta yang dibangun di abad ke-9, yang terletak di sebuah bukit tinggi dengan ketinggian 410M di atas permukaan laut. Bukit tersebut dikenal dengan bukit hijau atau gumuk ijo. Karena ketinggiannya, maka wisata ini bisa menikmati dua hal sekaligus yaitu candi-candi yang ada di dataran tinggi dan pemandangan berupa pertanian dengan kemiringan curam. Meskipun bukan daerah yang subur, pemandangan di sekitar candi ijo sangat cocok dijadikan tempat wisata.

5.      Candi Barong dan panorama bukit. Candi Barong terletak di Dusun Candisari, perbukitan kapur, sawah tadah hujan, dan tanah yang relatif kurang subur dengan ketinggian 199,27mdpl. Keindahan wisata ini tidak bisa diragukan lagi.

Dengan berbagai keunggulan, keindahan, dan peninggalan sejarahnya yang berpadu kental dan menakjubkan, desa Sambirejo dinobatkan sebagai desa yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi Digital Heritage Village. Tertarik untuk melakukan pengembangan desa wisata desa digital? Mari bergabung dan wujudkan Desa Anda menjadi Desa Cerdas Desa Digital bersama Smart Village Nusantara! 



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi